CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »
assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...selamat datang di Puan punya cerita..
Lilypie Next Birthday Ticker
ngobrol bareng yuk!!

Silahkan Isi Buku Tamunya Ya!

Kamis, 10 Januari 2008

Agak Sedikit Sibuk

dua hari gak sempat meluangkan waktu tuk posting aktifitas harian atau sekedar say hallo dengan teman-teman yang udah mampir ke blog ini. terakhir kalo gak salah hari senin(7/1). sedangkan tadi siang cuma sempat buka sebentar, posting dikit trus ngabur lagi.. ya gitulah..beberapa hari terakhir aktifitas agak sedikit padat.

senin
hari pertama ke sekolah. dandan rapi, nyesuaikan dandan ala ibu guru. rok hitam, blazer hijau, jilbab hitam dan tak lupa tas hitam tuk nyimpan segala macam peralatan "tempur". setelah siap, mulai menuju ke "medan pertempuran"..sekitar jam 15.00 wib tiba di depan gerbang SD Negeri 16 tempat dimana aku harus mendidik sekitar 30-an anak kelas 3 SD.
sesampainya di sekolah aku berkenalan dengan beberapa guru, ada ibu Rossa (guru bahasa inggris), ibu Ani (guru kelas 3 juga), pak Adi (guru agama). karena aku menggantikan tante aku, jadi untuk hari itu tante aku memberikan beberapa petunjuk yang harus aku lakukan sebelum ngajar.

selanjutnya tante memperkenalkan aku dengan murid-murid yang nanti bakal akan aku didik. wajah-wajah mungil menatap aku sesaat setelah tante memperkenalkan namaku. senyum manis aku tebar untuk membalas senyuman mereka. sejenak ingatan kembali ke masa laluku, masa-masa terindah dalam hidupku disebuah kampung kecil di pedalaman kalimantan barat. (suatu saat nanti aku ceritakan ingatanku tentang masa kecil itu). karena hari pertama masuk sekolah jadi belum begitu efektif pertemuannya, setelah presensi merekapun diperbolehkan pulang. satu-satu tangan kecil mereka menyalamiku sambil tersenyum. pertemuan pertama yang menyenangkan..

selasa
pagi aku harus menyelesaikan tulisan untuk buku yang sedang aku persiapkan. disela-sela itu aku juga harus menyiapkan surat untuk roadshow sosialiasi lembaga pers yang aku pimpin. aku harus berpacu dengan waktu karena pukul satu siang aku sudah harus sampai di sekolah untuk memulai aktifitas KBM perdana.

sekitar pukul setengah satu aku tiba di sekolah, agak sedikit kesal karena ternyata guru-guru yang lain belum datang dan pintu ruang guru belum terbuka. alhasil aku harus menunggu selama kurang lebih 20 menit, untung ditemani adik sepupu aku mike. jam menunjukkan pukul 12.50 menit pintu ruang guru baru terbuka karena yang mertugas membukakan pintunya baru tiba. sekitar 10 menit aku mempersiapkan bahan pelajaran hari ini, bahasa indonesia dan matematika.

tanda masuk diperdengarkan aku mulai menuju kelas dimana aku harus mengajar. tradisi di sekolah ini ternyata sebelum masuk harus berbaris rapi didepan kelas dan ketika masuk menyalami tangan guru masing-masing. satu-persatu murid-murid kelas 3A itu menyalamiku. setelah semua masuk kelas salah seorang dari mereka memimpin salam dan doa.

setelah doa aku memperkenalkan diri sekilas di depan kelas. belum selesai aku memperkenalkan diri tiba-tiba masuk dua orang anak dengan seragam merah putih, belakangan aku tau namanya Januar dan Alek. badannya putih mata mereka sipit, dari penampakan fisiknya aku tau kalau mereka dari etnis cina yang lumayan banyak di Kalbar ini. dengan tergesa-gesa mereka langsung menuju bangkunya. ehm...dalam hati aku berkata. "enak aja ni anak udah datang terlambat gak kasih salam, main nyelonong aja langsung duduk"
ku pangil mereka berdua untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. aku pertanyakan alasan meraka terlambat dan mereka memberikan jawaban diluar dugaanku. "kami dari nangkap kadal bu." betapa terkejutnya aku mendengarkan jawaban mereka. menangkap kadal?? untuk apa?? huuuuuuu....dasar anak-anak.. setelah ku beri nasehat mereka aku persilahkan untuk duduk.

ini perdana aku harus berdiri di depan kelas dan berhadapan dengan anak-anak kecil dalam rangka KBM. sebelumnya pernah juga berhadapan dengan anak-anak kecil lebih banyak dari ini, saat menjadi MC ulang tahun. keduanya memiliki persamaan, sama-sama harus memahami kondisi psikologis anak..namun juga mempunyai perbedaan yang mencolok. menjadi MC kita tidak perlu dikhawatirkan dengan muatan yang akan kita sampaikan..paling permainan, hal-hal yang fun dan lagi waktunya juga ralatif singkat 2-3 jam paling lama. sedangkan menjadi guru setiap hari berhadapan dengan anak-anak kecil yang mempunyai tingkah dan polah yang bermacam-macam. dan yang paling penting adalah transfer velue dan knowledge harus sampai kepada mereka.

cukup shock juga hari pertama bersama mereka. bayangkan! saat mendiktekan tugas harus berkali-kali karena mereka saat tertinggal mereka akan bertanya satu persatu, capek juga kan untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang. kemudian saat kita menjelaskan didepan mereka asik ngobrol atau mengganggu teman sebangkunya. trus sambil nyanyi-nyanyi, gendang-gendang meja, jalan hilir mudik, naik diatas bangku. belum waktunya istirahat udah minta istirahat. ijin ke toilet berkali-kali. disuruh ngerjain tugas gak ngertilah. wuuuuiiiihhhh....pokoknya cape deh.. apalagi harus berada di kelas selama 4 jam, dengan kondisi seperti itu. jadi mikir jangan-jangan ini karma, karena dulu waktu kecil melakukan hal yang sama. (ampuuun deh bu guru gak lagi...janji) :)

hari ini benar-benar hari yang melelahkan..pulang-pulang aku langsung terkapar dikamar gak ganti baju cuma buka jilbab sampai-sampai gak sholat magrib langsung tidur dengan damai selama 3 jam, pukul 20.00wib baru bangun itupun karena terasa lapar. padahal janji dengan sepupu mau senam di sanggar pukul 19.00 wib. setelah mandi dan makan malam tidur lagi sampe esokan harinya. cape deh...

rabu

bersambung...









3 komentar:

purwa mengatakan...

mesti kalo sibuk jangan dikit2, mendingan sibuknya banyak. :D

btw, salam kenal dari *J-Town* ;)

Ani mengatakan...

Duuuuh bu Ani bukan guru kelas 3 lagi, bu Ani kerja jadi buruh pabrik sambil sesekali blog walking :-)

MamaVian mengatakan...

Bu guru sibuk sekali. Untung Januar dan Alek ga bawa kadalnya ke kelas. Semangat ya bu!!!